December 3, 2015

manfaat dan hikmah bacaan ayat kursi



 beberapa keutamaan ayat kursi
manfaat dan hikmah bacaan ayat kursi


Ayat Kursi merupakan ayat yang sudah sangat popular di telinga orang-orang muslim.Penggalan ayat dari surat Al-baqarah ini memiliki sebuah keutamaan tertentu apabila dibaca atau diwirid secara rutin.Mengenai faedah atau khasiat ayat kursi ini sangatlah banyak diantaranya sesuai dengan hadist Nabi Muhammad saw sebagai berikut :
“maa quriat haadzihil ayaati fii daaarin illaa’hdjarathaa ‘sysyaathiinu tsalatsiina yauman wa laa yadhuulu saahirun walaa saahiratun arba’iina lailatan. Ya ‘Ali ‘alimhaa wakhdaka wa ahlaka wa jiiraanaka famaa unzilat aayaatun ‘azhamu minhaa.”
Artinya :
Tidaklah dibaca ayat (ayatul Kursi) di dalam satu rumah, melainkan pindah syetan selama 30 hari dan tidak masuk tukang sihir pria dan wanita selama 40 hari. Wahai Ali, ajarkan dia kepada anakmu dan keluargamu dan kerabatmu,tidaklah diturunkan ayat yang lebih agung dan mulia daripadanya”.
Berdasarkan hadist di atas,maka hendaklah kita selalu membaca ayat kursi dalam sehari semalam sekurang-kurangnya 1 kali,atau lebih baik jika dibaca pada tiap-tiap selesai shalat lima waktu.beberapa faedah ayat kursi adalah sebagai berikut ;
Barang siapa membaca ayat kursi mengiringi tiap-tiap shalat fardhu,maka diampini dosanya dan dihapus oleh Allah darinya segala kejahatan.
·         Barang siapa yang mengharapkan keberkahan pada barang makanan ataupun yang lainnya,maka hendaknya di baca ayat kursi sebanyak 50 kali,setiap satu kali membaca di hembuskan kepada benda yang dimaksud dengan niat yang ikhlas dan penuh dengan keyakinan,insya Allah akan mendapat hasil yang mengherankan.

  1. Barang siapa membaca ayat kursi ketika dia hendak tidur,maka akan terpelihara dari kejahatan jin,syetan dan dari kejahatan manusia serta binatang.
  2. Barang siapa membaca ayat kursi setelah melaksanakan shalat shubuh sebanyak satu kali,Insya Allah akan terpelihara dari segala kejahatan yang ada pada hari itu.
  3. Barang siapa membaca ayat kursi setelah melaksanakan shalat maghrib,maka Insya Allah akan terjaga dari segala bentuk kejahatan dan keburukan yang ada pada malam itu sampi pagi harinya
  4. Barang siapa membaca ayat kursi di tempat yang sunyi dan bersih dengan menghadap qiblat sebanayka 180 kali,kemudain berdo’a dan memhon kepada Allah,Maka Insya Allah segala hajat dan niatnya akan terkabul.
  5. Barang siapa membaca Ayat Kursi ketika hendak keluar rumah,maka Insya Allah Malaikat akan terus mengawal dan memeliharanya dari segala kejahatan

Menurut Abu Hamid Al-Ghazali.Barang siapa yang ingin menghilangkan kesedihan dan kesulitan maka hendaklah membaca Ayat Kursi sebanyak 113 kali dengan syarat-syarat sebagai berikut :
  •  Setelah selesai Shalat Isya’
  • Dibaca ketika Tengah malam
  •   Ditempat yang sunyi dan sepi (terhindar dari manusia)
  • Dengan khusu dan niat ikhlas

Sedangkan menurut Syeckh Moehammad Ya’qub mengajarkan bacalah ayat kursi pada tiap-tiap malam dengan ketentua sebagai berikut :

  1. Ketika membaca ayat yang ke- 1 ma’rifatkanlah (bayangkan)rumah,diri dan kelurga kita di lingkungi oleh “Benteng besi dan lantai bawah yang kuat dan kokoh”.
  2. Ketika membaca ayat kursi yang ke-2, ma’rifatkanlah (bayangkan) seolah-olah –olah ada bemteng besi disebelah kanan kita.
  3. Ketika mambaca ayat kursi yang - 3 ma’rifatkanlah (bayangkan) seakan-akan ada benteng besi di sebelah kiri kita. 
  4.  Saat membaca ayat yang ke-4, ma’rifatkanlah (bayangkan) seolah ada benteng besi yang kuat dan kokoh di atas (atap) rumah kita.
  5. Waktu membaca ayat yang ke-5, ma’rifatkanlah (bayangkan) seakan-akan ada benteng besi yang kokoh disebelah muka(Depan).
  6. Pada waktu mambaca ayat kursi yang ke-6, ma’rifatkanlah (bayangkan) seolah-olah ada benteng besi di sebelah belakang kita.
  7. Dan pada bacaaan terakhir yaitu yang ke-7, ma’rifatkanlah (bayangkan) seolah – olah (kita,kelurga dan harta) telah berada dalam benteng yang kokoh dan kuat dan tidak akan ada satu orangpun (yang berniat jahat)yang mampu menerobos atau menembus dan menghamprinya. Bi idznillah (dengan izin Allah).
Demikianlah beberapa manfaat,faedah dan pahala membaca ayat kursi yang semoga bisa menjadi amalan dan wiridan kita sehari – hari.Pada dasarnya setiap ayat dalam Al-qur’an mempunyai keutamaan-keutamaan tertentu yang tidak banyak kita ketahui.karena Al-qur’an merupakan kitab suci yang penjagaannya di lakukan oleh Allah swt sendiri, sebagaimana firmannya ;
“sesungguhnya kamilah yang menurunkan Ad-Dzikir (Al-Qur’an) dan sesungguhnya
kamilah yang menjaganya”.

Saya juga menyarankan kepada pengunjung blog Ensiklopediaislami untuk membaca artikel-artikel lainya seperti yang tertera di bawah ini agar lebih menambah ilmu pengetahuan tentang dunia islam.Akhirnya orang yang penuh dengan dosa dan kekurangan ini hanya bisa mengucapkan ribuan terima kasih kepada para pengunjung atas waktunya untuk mampir dan membaca artikel-artikel kami yang jauh dari kesempurnaan ini.



Sumber referensi :
Benteng dan senjata mu’min,/penulis H.A.Z.S MARI’E / terbitan tahun1989/ Sayyidah Bandung/hak cipta:Husaini Bandunga

No comments:

Post a Comment

"Terima Kasih atas kunjungannya,silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda"