November 29, 2015

Berita Islam : Keutamaan Shalat Shubuh Dan Ashar

inilah 2 keutamaan untuk orang yang istiqomah menjalankan shalat shubuh dan shalat ashar




Berita Islam : Keutamaan Shalat Shubuh Dan Ashar

Fenomena kesibukan dalam beraktifitas kadangkala menjadi sebuah alasan kelasik bagi sebagian besar umat Islam saat ini.Terkadang kita lebih mementingkan kesibukan duniawi  dibandingkan mencari amal untuk akhirat.Yang lebih miris adalah terkadang waktu shalat dikatakan sebagai penghalang dalam  berkarya.

Kepadatan dalam dunia kerja terkadang membuat kita lupa meluangkan waktu untuk melaksanakan shalat,padahal waktu yang dibutuhkan untuk shalat hanyalah sebentar yaitu sekitar 10-15 menit saja,hal ini tentu jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan waktu yang terkadang terbuang sia-sia hanya untuk mengobrol dan membolak-balikan persoalan dalam pekerjaan.Kalo kita mau cerdas,justru dengan meluangkan waktu shalat,berarti kita telah memberikan ruang istirahat pada otak kita yang selalu terporsir oleh suatu pekerjaan.

Shalat bukan Cuma sekedar kewajiban semata,pada hakikatnya banyak sekali faidah dan manfaat yang bisa kita ambil dari beberapa gerakan shalat.Selain itu,shalat merupakan suatu bentuk rasa syukur kita kepada sang pencipta atas segala karunia dan anugerah yang kita terima saat ini.Shalat mengajarkan kita untuk senantiasa memasrahkan diri dan segala urusan kita kepada Allah swt.Karena setinggi apapun jabatan kita dalam sebuah perusahaan tidak akan ada maknanya bila dibandingkan dengan kekuasaan sang khalik.

Shalat adalah rukun Islam yang kedua dan merupakan salah satu ibadah wajib bagi setiap muslim.Shalat merupakan ibadah yang paling utama keberadaannya di bandingkan dengan ibadah-ibadah yang lainnya.Dalam sehari semalam seorang muslim memiliki kewajiban untuk menjalankan shalat setidaknya 5 waktu atau setara dengan 17 raka’at, yaitu :
1. Shalat Shubuh         = 2 Raka’at
2. Shalat Dzuhur          = 4 raka’at
3.Shalat Ashar             = 4 Raka’at
4. Shalat Maghrib       = 3 Raka’at
5 . Shalat Isya’             = 4 Raka’at
 Jumlah                        = 17 Raka’at   

Beberapa keutamaan shalat shubuh dan ashar diantaranya adalah :

1.Mendapatkan Pahala Surga

Pahala bagi seorang muslim yang istiqomah dalam menjalankan shalat shubuh dan ashar atau juga yang disebut shalat bardain adalah surga Sebagaimana hadist nabi Muhammad saw.
“Barang siapa yang mengerjakan shalat barda’in (yaitu shalat Shubuh dan Ashar)maka dia akan masuk surga”. (HR. Buhari dan Muslim)

Untuk melaksanakan shalat shubuh memang bukanlah perkara yang mudah,rasa ngantuk menjadi sebuah alasan yang tidak bisa ditawar lagi.Saat shubuh menjelang,tidak jarang dari kita malah menarik selimut dan kembali terlelap dalam tidur.Jika kebiasaan ini terus dibiarkan tanpa adanya niat perubahan,maka sudah dipastikan kita akan termasuk kedalam golongan orang-orang munafik sebagaimana sabda Rasululllah dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.
“Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang –orang munafik adalah shalat Isya’ dan Shubuh.Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya,niscaya meraka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak (HR. Bukhari dan Muslim).

Demikian pula dengan Shalat Ashar.Banyak dari kaum muslimin yang meremehkan shalat yang satu ini,saat suara Adzan ashar berkumandang mereka tetap terdiam seolah tidak mendengar atau malah asyik menyelesaikan pekerjaannya dengan alasan deadline.

Yang lebih menyedihkan,setelah pekerjaan selesai dan jam kantor sudah usai,mereka tidak langsung melaksanakan shalat tapi malah memburu waktu untuk pulang agar lebih cepat sampai dirumah dengan alasan takut telat karena kemacetan ibukota yang kian rumit.Hal seperti ini memang sudang menjadi pemandangan dan fenomena yang lazim bagi para pekerja yang selalu diburu waktu dan kemacetan di tengah jalan dan riuhnya ibukota,akhirnya mereka tetap focus untuk melakukan perjalan pulang walupun dengan keadaan belum menunaikan shalat ashar.

2.Bertepatan dengan waktu pergantian Malaikat pencatat amal siang dan malam

Sesunnguhnya setiap perbuatan manusia tidaklah lepas dari pantauan malaikat pencatat amal.Dikedua waktu ini (shalat shubuh dan ashar) malaikat akan melakukan pergantian pencatatan amal,segala perbuatan kita,baik ataupun buruk akan di laporkan ke hadirat Allah pada waktu di kedua shalat tersebut .Maka Alangkah beruntung dan bahagianya jika pada waktu ada pergantian pencatatan amal oleh para malaikat kita dalam keadaan shalat dan bersujud kepada Allah,Memasrahkan diri dan segala urusan kita kepada Allah sehinnga amal yang dilaporkan pun adalah catatan amal baik,namun sebaliknya,jika pada waktu pergantian pencatatan amal kita dalam keadaan meninggalkan shalat,maka sudah bisa dipastikan amal yang dilaporkan kepada Allah adalan amalan buruk.Na’udzubillahi min jaalik.

Sebagai Ilustrasi : jika dalam sebuah perusahaan sedang diadakan sidak secara tiba-tiba oleh seorang bos,maka akan menjadi hal yang buruk bagi seorang karyawan yang pada waktu sidak berlangsung dia dalam keadaan mangkir atau berleha-leha.Tapi tidak bagi karyawan yang justru waktu sidak berlangsung dia dalam keadaan kerja,maka sudah dapat dipastikan dia akan mendapat sebuah acungan jempol bahkan mungkin sebuah apresiasi yang baik dari atasannya.

Demikianlah uraian keutamaan shalat ashar dan shubuh yang dapat dari berbagai sumber dan salah satunya adalah dari keterangan sebuah video khazanah islam yang ditayangkan di sebuah televisi swasta Indonesia.Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan keilmuan islam kita.
Untuk lebih jelasnya,anda bisa langsung menonton video tentang keutamaan shalat ashar dan shubuh yang sudah saya re upload melalui youtube

 SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI



No comments:

Post a Comment

"Terima Kasih atas kunjungannya,silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda"